BAHAGIA SAAT BEKERJA

BAHAGIA SAAT BEKERJA Jum'at, 09 Agustus 2019

BAHAGIA SAAT BEKERJA

Menghadapi berbagai deadline dan tekanan dalam menjalani karier terkadang membuat sebuah pekerjaan sulit untuk dinikmati. Kata ‘bahagia’ pun seolah menjadi ungkapan yang jauh dari perasaan yang didapatkan saat bekerja. Memaksakan diri untuk produktif tanpa memikirkan apa yang dirasakan oleh hati dan pikiran akhirnya membuat diri menjadi stres.

“Pekerjaan memang bisa membuat stres, namun bukan berarti kebahagiaan tidak bisa diperoleh,” papar Zach Holmquist, cofounder dari Teem kepada Business Insider.

Apakah Anda tengah merasa tidak bahagia saat bekerja? Yang jelas kunci utama adalah memperkuat rasa syukur bahwa anda sudah mendapat pekerjaan. Berikut lima cara untuk mendapatkan kebahagiaan saat bekerja:

1.    Cari tahu “Motivasi anda Bekerja”

Banyak orang merasa tidak bahagia saat bekerja karena tak tahu apa yang sebenarnya memotivasi Anda. Kurangnya koneksi dengan pekerjaan yang dijalani membuat Anda kehilangan arti dari usaha yang dijalani. Sehingga, pikirkan secara matang bagaimana Anda mendefinisikan kesenangan dan sukses. Lalu hubungkan dengan pekerjaan yang Anda jalani.

Termasuk bayangkan saat anda belum memiliki pekerjaan dan bagaimana proses anda mendapatkan pekerjaan saat ini, tentunya membutuhkan perjuangan dan suka duka yang luar biasa.

2.    Cari waktu untuk mencari momen special

Berhentilah untuk membandingkan hidup Anda dengan ‘orang asing’ yang Anda temukan di luar diri anda. Mulailah dengan melihat segala kelebihan, pujian, rasa syukur yang Anda dapatkan dari kehidupan sendiri, termasuk jadikan setiap langkah yang anda lakukan adalah sebuah hal special dan patut disyukuri.

3.    Beri Reward Atas Pencapaian sekecil Apapun

Dalam pekerjaan tentunya ada project dan jobdisk yang harus anda lakukan setiap hari, target-target tertentu yang sudah terlewati perlu anda apresiasi walaupun itu hal yang kecil. Salah satunya dengan cara menggelar pesta kecil dengan reka kerja karena suatu pencapaian tersebut.

4.    Kurangi Waktu yang sia-sia

Dalam sebuah pekerjaan tentunya ada rekan hal yang membuat anda terus semangat, tapi ada juga yang membuat anda kurang produktif. Hal yang anda lakukan adalah memperbesar pertemuan dengan rekan yang menjadikan anda terus semangat dan memanfaatkan waktu produktif bersama mereka, so menghabiskan waktu dengan seseorang yang lebih positif dan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas diri.

5.    Jeda 5-15 Menit

Cobalah untuk mengambil istirahat selama 5 hingga 15 menit hanya untuk diri Anda sendiri. Dalam kurun waktu ini, cobalah untuk bermeditasi, berjalan-jalan sebentar, melakukan peregangan otot, hingga mendengarkan musik. Membiarkan diri memiliki waktu ‘Me Time’ dapat membantu Anda merasa lebih bersemangat bekerja dan mengurangi stress, termasuk terus merasakan energy syukur pada waktu tersebut. Sering berbagi kebaikan dan rejeki kepada orang lain.

 

Penulis :

Follow Instagram

@hamam_memoritraining

*founder Memori Indonesia Group

*Profesional Trainer & Motivator

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar



Kode Verifikasi: